Penelitian ini salah satu tujuan yang paling utama yaitu peningkatan sikap nasionalisme di kalangan siswa, mengingat hasil observasi siswa saling acuh terhadap temannya dalam hal ini jika di dalam kelas atau di luar kelas acuh terhadap temannya dan sulit berkolaborasi dengan baik antar teman.Nilai-nilai luhur ini harus lebih tingkatkan lagi selain pengajaran sekolah juga penting. Pada penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kelas IX MTs Sarji Ar Rasyid. Penelitian ini merupakan penelitian pengumpulan data, dimana dalam penilaiannya dalam bentuk berupa teks, kata-kata, simbol gambar, walaupun demikian juga dapat dimungkinkan terkumpulnya data-data yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini kami arahkan pada pengkajian suatu kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas dengan menggunakan kata-kata, pola dan metode dalam meningkatkan sikap nasionalisme dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning serta hambatan-hambatan yang ditemukan dalam meningkatkan sikap nasionalisme. Penelitian ini merupakan studi kelas dari fenomena yang cukup kompleks di kelas. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan makan dapat ditarik kesimpulan sebuah kesimpulan yaitu dengan model problem based learning dapat meningkatkan sikap nasionalisme pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025