Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature
Vol 5 No 1 (2025)

Desain Rancang Bangun Media Ular Tangga Sharaf untuk Siswa Sekolah Tingkat Menengah Atas

Maturedy, Faris (Unknown)
Baharun, Segaf (Unknown)
Nurhanifansyah, Nurhanifansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Aktivitas pembelajaran sharaf di SMA Muhammadiyah Tanggul memerlukan inovasi untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengeksplorasi aktivitas pembelajaran sharaf kelas XI 2) merancang media ular tangga sharaf, 3) mengetahui kelayakan media ular tangga sharaf. Model Rapid Prototyping yang diintegrasikan dengan ADDIE dipilih untuk merancang media tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada guru matapelajaran sharaf dan angket validasi media oleh ahli media. Selanjutnya, data kualitatif menggunakan analisis konten tematik. Sedangkan, data kuantitatif dianalisis dengan skala Likert. Peneliti berkesimpulan bahwa 1) pembelajaran sharaf di kelas XI bertujuan membiasakan siswa melafalkan tashrif istilahy, namun kurang siswa terlihat kurang aktif pada pertemuan ke empat akibat aktifitas yang monoton. 2) Media ular tangga berbentuk A3, dilengkapi panduan, pion, dan dadu untuk empat pemain. 3) Penilaian ahli menyatakan media ini layak dengan nilai 27, meskipun membutuhkan perbaikan pada warna dan penambahan kalimat mauzun untuk penggunaan optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

almashadir

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature is a journal published by the Departement of Arabic Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute (IAIN) Manado This journal focuses of the issues of (1) Arabic Education, such as linguistic ...