Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Validitas Modul Pelatihan Keterampilan Interpersonal Sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Peserta Didik

Hanani, Azrina Khalwa Hanani (Unknown)
Wiryo Nuryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas modul pelatihan keterampilan interpersonal yang ditujukan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba pada siswa Tingkat SMK. Modul ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan interpersonal siswa sehingga mereka dapat melawan tekanan lingkungan yang dapat mendorong penyalahgunaan zat adiktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap kelayakan modul keterampilan interpersonal. Validasi dilakukan dengan cara menganalisis aspek media dan materi yang berkaitan oleh para ahli dan calon pengguna yaitu guru Bimbingan dan Konseling. Instrumen pengumpulan data dilakukan dalam bentuk angket yang telah divalidasi menggunakan skala likert dan analisis data dilakukan dengan menggunakan indeks Gregory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat nilai yang sangat tinggi dengan nilai koefisien sebesar 10. Modul ini dinilai layak digunakan sebagai alat bantu untuk mendukung pembelajaran interaktif dan kreatif pada layanan BK guna membantu siswa mengembangkan ketahanan dalam menghadapi tantangan penyalahgunaan narkoba.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...