Penggunaan media pembelajaran yang sesuai akan dapat mempermudah peserta didik menerima dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diterima dalam memahami dan memecahkan masalah yang terdapat dalam soal cerita matematika. Era teknologi menawarkan berbagai media pembelajaran yang interaktif dan dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi penerapan model pembelajaran dengan media aplikasi Quizizz terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas 5 SDN 10 Taliwang Tahun Pelajaran 2021-2022. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan Populasi yang digunakan adalah siswa kelas kelas 5 SDN 10 Taliwang yang berjumlah 19 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan one group pre-test dan post-test experiment. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes dan Observasi. Teknik yang digunakan uji persyratan anova dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas. Hasil analisis data, kedua kelompok tersebut normal dan homongen. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa penerapan media aplikasi quizizz selama proses pembelajaran pada kelompok kelas eksperimen terbukti memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yang menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang diajar dengan menerapkan aplikasi quizizz.
Copyrights © 2025