Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 2 (2025): Mei 2025

Pengembangan LKPD Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Sasak untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Gugus II Mataram

Hidayah, Alvin (Unknown)
Asrin (Unknown)
Zain, Moh. Irawan (Unknown)
Handika, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penggunaan LKPD di sekolah masih bersifat umum dan belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. LKPD yang berbasis kearifan lokal  menjadi salah satu bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis kearifan lokal Sasak, mengetahui kelayakan, kepraktisan,  dan keefektifan LKPD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus II Mataram yaitu SDN 23 Mataram dan SDN 19 Mataram di kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik Analisis data kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media, analisis kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa, dan keefektifan dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prototipe pengembangan LKPD disusun mulai dari tahap analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, hasil validasi ahli media dan materi,  uji coba produk dan respon siswa, serta evaluasi produk. 2) Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD dinilai sangat valid dan praktis digunakan di sekolah, karena berdasarkan  persentase penilaian dari ahli media sebesar 93%, ahli materi sebesar 96%, dan respon siswa sebesar 92,5%. 3) Uji keefektifan menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis kearifan lokal Sasak secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS. Rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen (76,82) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (42,73), dengan hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan (Sig. 0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD tersebut sangat layak/praktis digunakan, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus II Mataram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...