Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. SpecialIssue (2025): Maret 2025

Pengaruh Penggunaan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas VIII Di SMP Negeri 33 Makassar

Maudiyawati (Unknown)
Akram (Unknown)
Wahyudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMP Negeri 33 Makassar tergolong rendah, yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang menarik, terbatasnya kegiatan praktik, serta persepsi siswa bahwa IPA merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media Assemblr EDU berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study, yaitu dengan memberikan perlakuan pada satu kelompok siswa dan kemudian mengukur hasilnya setelah perlakuan diberikan. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif untuk memaparkan tingkat minat belajar siswa, serta analisis inferensial melalui uji t satu sampel untuk mengevaluasi efektivitas media. Hasil analisis menunjukkan nilai p-value = 0,003 (p < 0,05), yang berarti penggunaan media Assemblr EDU berbasis AR terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar guru dan pihak sekolah mulai memanfaatkan media berbasis AR dalam proses pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran IPA, guna menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...