Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar biologi dan kecenderungan berpikir kritis siswa kelas XI Sains di SMA Negeri 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian melibatkan empat kelas, yaitu XI Sains 5, XI Sains 6, XI Sains 7, dan XI Sains 8, dengan jumlah total 114 siswa. Dua kelas eksperimen menggunakan LKPD berbasis PjBL dan dua kelas kontrol menggunakan LKPD berbasis Discovery Learning. Masing-masing kelompok terdiri dari 72 siswa. Instrumen penelitian meliputi soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur kecenderungan berpikir kritis. Instrumen tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar dan kecenderungan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 62,61, sedangkan kelas kontrol sebesar 45,56. Uji Kruskal-Wallis menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan LKPD berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025