Project Based Learning merupakan model рembelajaran yang dapat memberikan peluang bagi siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media animasi interaktif terhadap kemampuan computational thinking siswa SMA Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram yang terdiri dari 9 kelas dengan total siswa berjumlah 301. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut diperoleh kelas XE5 dan XE7 sebagai kelas eksperimen serta kelas XE4 dan XE8 kelas kontrol. Kemampuan computational thinking diukur dengan menggunakan soal essay. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilakukan uji hipotesis statistik non parametrik yaitu menggunakan uji Man-Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi uji hipotesis sebesar 0.00 atau < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model project based learning berbantuan media animasi interaktif terhadap kemampuan computational thinking siswa SMAN 8 Mataram. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning berbantuan media animasi interaktif telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan computational thinking siswa sehingga model Project Based Learning disarankan dapat diterapkan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025