Masalah sampah merupakan isu lingkungan yang mendesak di Indonesia, di mana negara ini menghasilkan sekitar 175.000 ton sampah setiap hari. Pengelolaan sampah yang tidak optimal menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Rendahnya kesadaran masyarakat dalam memilah dan mendaur ulang sampah menjadi tantangan utama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX aplikasi mobile bernama "RiskCycle" untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah daur ulang. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman kebutuhan pengguna. Melalui riset UX yang meliputi wawancara dan observasi, diidentifikasi bahwa pengguna menginginkan aplikasi yang mudah digunakan, informatif, dan memberikan kemudahan dalam penjemputan sampah. Hasil penelitian ini adalah prototipe aplikasi RiskCycle yang memiliki fitur-fitur: edukasi sampah daur ulang, layanan penjemputan sampah terjadwal, informasi lokasi fasilitas daur ulang terdekat, dan sistem reward berbasis poin. Antarmuka aplikasi dirancang sederhana dan menarik, dengan navigasi yang mudah dipahami, untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Diharapkan, aplikasi RiskCycle dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025