Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan
Vol. 1 No. 4 (2025): Volume. 1 No. 4 2025

Analisis Efektivitas Marketing Communication Program PMB pada Kampus yang Berubah Bentuk di wilayah Kab. Bandung Barat

Raniadita, Maria Alfa (Unknown)
Katarina, Yovita Tri (Unknown)
Cecilia, Cindiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Pada era globalisasi, instansi pendidikan tinggi dituntut untuk mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan serta meningkatkan daya saing melalui strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas komunikasi pemasaran dalam mendukung program penerimaan mahasiswa baru di sebuah universitas yang mengalami perubahan bentuk di Kabupaten Bandung Barat. Metodologi penelitian meliputi pendataan aktivitas pemasaran, klasifikasi strategi bauran komunikasi pemasaran, penyusunan dan penyebaran kuesioner, serta analisis hasil responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang paling efektif dalam menarik minat calon mahasiswa adalah promosi dan potongan biaya pendidikan, testimoni alumni, serta penggunaan media sosial (Instagram, Facebook, dan YouTube). Sebaliknya, strategi yang kurang efektif meliputi campus tour, event sekolah, dan contact person marketing. Namun, dalam aspek kejelasan informasi, media sosial, website universitas, dan contact person marketing dianggap paling informatif. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak universitas memprioritaskan strategi yang terbukti efektif, termasuk pengalokasian anggaran yang lebih besar pada promosi dan program potongan harga untuk meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMBK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Management, Business, and Health aims to provide a national platform for timely dissemination of science and in-depth analysis of science, with a primary focus on business and health management science. Focus and Scope : Business, Business Development, Entrepreneurship, Finance, ...