JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 3 (2025): JATI Vol. 9 No. 3

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SISKOM ADVENTURE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG

Anggraini, Anggun (Unknown)
Kurniawan, Haris (Unknown)
Junaidi, Satrio (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Game edukasi merupakan jenis permainan yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran, namun tetap memberikan kesenangan dan hiburan bagi para pemainnya. Untuk mencapainya tujuan pembelajaran yang efektif maka dibutuhkannya game pendukung pembelajaran, karena kurangnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang minat dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan di atas, para peneliti mengembangkan sebuah permainan edukasi berbasis Android yang diharapkan dapat menjadi media pendukung atau tambahan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Jenis penelitian ini menggunakan pengembangan atau Research and Deveploment (R&D). Dalam penelitian ini akan menggunakan model ADDIE yaitu analisis (Analysis), Perancangan (Design), pengembangan (Development), pengembangan (Implementation), dan evaluasi (Evalution).Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk game edukasi berbasis android pada materi sistem komputer mata pelajaran informatika kelas X DKV di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Berdasarkan hasil menunjukkan tingkat validitas game edukasi validasi media memperoleh rata-rata 89,35% dengan kategori “Sangat Valid”dan validasi materi memperole rata-rata 90,97% dengan kategori “Sangat Valid”. Dari kepraktisan game edukasi yang di nilai oleh praktikalitas guru memperoleh ratarata 94,44% dengan kategori “Sangat Praktis” dan game edukasi yang dinilai oleh siswa memperoleh rata-rata 88,79% dengan kategori “Sangat Praktis”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...