Rendahnya motivasi siswa dalam manajemen tugas akademik menyebabkan kurangnya efektivitas dalam menyelesaikan tugas harian. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan mengembangkan aplikasi task manager berbasis gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dalam menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi task manager berbasis gamifikasi yang dapat membantu pengguna dalam mengelola tugas akademik secara lebih efisien. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap Analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna melalui survei dan wawancara. Tahap Desain mencakup perancangan antarmuka pengguna (UI) dan elemen gamifikasi. Pada tahap Pengembangan, aplikasi diimplementasikan menggunakan teknologi berbasis web. Implementasi dilakukan dengan memberikan akses aplikasi kepada siswa dan mahasiswa selama satu bulan. Evaluasi aplikasi dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) serta analisis kuesioner dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa aplikasi ini membantu mereka dalam mengelola tugas akademik dengan lebih baik. Sebanyak 85% responden menyatakan bahwa fitur gamifikasi, seperti sistem poin dan reward, mampu meningkatkan motivasi belajar mereka. Selain itu, 90% pengguna merasa tampilan dan navigasi aplikasi mudah digunakan, serta 75% merasa lebih disiplin dalam mengatur waktu belajar. Namun, terdapat beberapa saran pengembangan, seperti peningkatan fitur personalisasi dan integrasi dengan platform lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa gamifikasi dalam aplikasi task manager dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pengguna.
Copyrights © 2025