Pemasaran produk perbankan seperti term deposit memerlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan tingkat langganan nasabah. Berbagai faktor yang memengaruhi keputusan nasabah menjadi tantangan bagi bank dalam menargetkan calon pelanggan potensial. Penelitian ini membandingkan performa Random Forest dan XGBoost dalam memprediksi keputusan nasabah menggunakan dataset Bank Marketing dari UCI Machine Learning Repository. Tahapan preprocessing mencakup pemeriksaan nilai hilang, penanganan outlier dengan IQR, transformasi fitur kategorikal menggunakan label encoding, dan oversampling dengan SMOTE. Evaluasi model dilakukan dengan accuracy, F1-Score, dan ROC-AUC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa XGBoost lebih unggul dibandingkan Random Forest, dengan accuracy 95,30%, F1-score 95,40%, dan ROC-AUC 95,29% pada rasio 80:20. Komunikasi dan durasi interaksi dalam pemasaran produk term deposit menjadi faktor paling signifikan dalam memengaruhi keputusan nasabah. Kesimpulan umum dari penelitian ini adalah XGBoost menjadi algoritma yang lebih efektif untuk prediksi keputusan nasabah berlangganan term deposit daripada Random Forest terutama dalam menangani data tidak seimbang dan hubungan non-linear.
Copyrights © 2025