Sektor pariwisata memiliki peran strategis untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah, seperti Palembang, dengan wisata alam, religi, budaya, dan kuliner yang beragam. Namun, wisatawan masih kesulitan untuk mendapatkan informasi yang benar, terintegrasi, dan mudah diakses mengenai destinasi wisata. Informasi yang terpisah-pisah di berbagai situs biasanya membingungkan, dan kurangnya integrasi dengan pemandu lokal dan navigasi lokasi menjadi penghalang utama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi “PAYO” sebagai pemandu wisata digital mobile yang responsif terhadap kebutuhan pengguna untuk Kota Palembang. Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking dalam lima tahap, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Data dikumpulkan dengan menggunakan survei pengguna dan diolah melalui diagram afinitas, sedangkan prototipe diuji dengan metode System Usability Scale (SUS). Aplikasi “PAYO” memiliki fitur panduan bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan, pencarian peta, saran navigasi berbasis preferensi, dan koneksi pemandu lokal. Hasil pengujian secara konsisten baik dengan nilai SUS 86,5 (kategori Excellent), menyiratkan bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kontribusi dari penelitian ini adalah untuk menawarkan solusi perjalanan digital yang berfokus pada manusia dengan desain berulang dan partisipatif yang mempertahankan pengguna sebagai pusat dari proses desain, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang efektif dan menyenangkan
Copyrights © 2025