Penanaman nilai-nilai karakter religius merupakan bagian penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui proses pembelajaran dan keteladanan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa di SMA Negeri 5 Kota Ternate serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMA Negeri 5 Kota Ternate berperan sebagai fasilitator, motivator, dan teladan dalam membina karakter religius siswa, seperti nilai keimanan, toleransi antarumat beragama, kejujuran, dan kedisiplinan. Nilai-nilai tersebut ditanamkan melalui integrasi dalam materi pelajaran, kegiatan pembiasaan religius di sekolah, serta melalui pendekatan pribadi kepada siswa. Namun demikian, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, seperti kurangnya partisipasi orang tua, pengaruh lingkungan luar sekolah, serta keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua dalam mendukung penguatan karakter religius siswa secara berkelanjutan,
Copyrights © 2025