Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan video dokumenter sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap topik perubahan sosial dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka (library research) sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Sumber data berasal dari berbagai literatur seperti buku, jurnal akademik, serta artikel yang relevan dengan topik penelitian. Artikel ini menunjukkan bahwa penyajian materi melalui video dokumenter dapat memberikan gambaran visual yang jelas dan kontekstual terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat. Hal ini memudahkan siswa dalam mengaitkan konsep perubahan sosial dengan realitas kehidupan sehari-hari. Selain itu, sejumlah studi terdahulu mengungkapkan bahwa penggunaan video dokumenter turut berperan dalam meningkatkan minat belajar, keterlibatan aktif siswa, serta kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka. Oleh karena itu, integrasi video dokumenter dalam proses pembelajaran IPS di jenjang SMP dipandang sebagai strategi yang inovatif dan relevan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.dalam proses pembelajaran IPS di jenjang SMP dipandang sebagai strategi yang inovatif dan relevan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025