RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 02 (2025): RUKASI Edisi Maret

Pemanfaatan Video Dokumenter sebagai Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP tentang Perubahan Sosial

Khoiriyah, Isma (Unknown)
Nabila, Khilda Amalia Fahrun (Unknown)
M. Nur, Dany Miftah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan video dokumenter sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap topik perubahan sosial dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi pustaka (library research) sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Sumber data berasal dari berbagai literatur seperti buku, jurnal akademik, serta artikel yang relevan dengan topik penelitian. Artikel ini menunjukkan bahwa penyajian materi melalui video dokumenter dapat memberikan gambaran visual yang jelas dan kontekstual terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat. Hal ini memudahkan siswa dalam mengaitkan konsep perubahan sosial dengan realitas kehidupan sehari-hari. Selain itu, sejumlah studi terdahulu mengungkapkan bahwa penggunaan video dokumenter turut berperan dalam meningkatkan minat belajar, keterlibatan aktif siswa, serta kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka. Oleh karena itu, integrasi video dokumenter dalam proses pembelajaran IPS di jenjang SMP dipandang sebagai strategi yang inovatif dan relevan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.dalam proses pembelajaran IPS di jenjang SMP dipandang sebagai strategi yang inovatif dan relevan dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Rukasi: The Scientific Journal of Educational and Learning Development adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan oleh ruang publikasi ilmiah dan diterbitkan 6 kali setahun, yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September , November. ...