Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesalahan kebahasaan dalam buku SD kelas 2 khususnya pada bab VII. Pada buku ini masih mengandung beberapa kesalahan. Aspek yang dikaji pada buku kelas 2 meliputi kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian dan kualitas tampilan buku. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan pencatatan terhadap kesalahan-kesalahan yang telah ditemukan di dalam buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesalahan kebahasaan pada buku antara lain yaitu, kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan dalam menggunakan tanda baca seperti titik koma dan tanda seru, serta kesalahan penggunaan huruf miring yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan EYD). Selain itu juga terdapat penggunaan istilah yang tidak konsisten dan struktur kalimat yang tidak tepat. Hasil hasil ini menunjukkan bahwa buku kelas 2 pada bab VII secara umum buku ini belum sepenuhnya memenuhi standar kebahasaan yang baik. Sehingga diperlukan revisi secara menyeluruh supaya buku dapat menjadi sumber belajar yang layak, komunikatif dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang berlaku.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025