Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN MASYARAKAT DAN PENGUATAN BUDAYA LOKAL

Rusmiaty, Rusmiaty (Unknown)
Aras, Muhammad (Unknown)
Nurfadhil, A. (Unknown)
Arnadi, Arnadi (Unknown)
Hadade, Hasiym (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memiliki peran signifikan dalam pembentukan masyarakat dan penguatan budaya lokal. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan tradisi lokal, pesantren mampu menciptakan harmoni sosial serta menjaga keberlanjutan budaya di tengah arus modernisasi. Artikel ini membahas kontribusi pondok pesantren dalam membangun masyarakat melalui pendidikan, sosial, dan penguatan budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengeksplorasi peran pesantren di berbagai daerah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren tidak hanya berperan sebagai pusat pendidikan agama, tetapi juga sebagai agen transformasi sosial dan penjaga nilai-nilai kearifan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...