Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Halawati, Mumtik (Unknown)
Pusparini, Dewi (Unknown)
Yana, Medi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak usia dini merupakan langkah strategis dalam membentuk karakter anak yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat dalam moral dan spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa", berkontribusi terhadap pembentukan karakter religius pada anak usia 5–6 tahun di TKS Sirojut Tholibin Taman Sari. Dengan durasi penelitian selama 7 hari, Subjek penelitian ada 4 orang guru, kepala sekolah dan 24 anak, Untuk Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan kesimpulan dan Verifikasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila diintegrasikan dalam berbagai kegiatan pembelajaran seperti doa bersama, bermain peran, bercerita, dan pembiasaan sikap sehari-hari. Karakter religius anak tercermin dalam perilaku seperti berdoa dengan tertib, mengucapkan salam, menunjukkan rasa syukur, serta menghormati teman dan guru. Implementasi nilai-nilai Pancasila terbukti tidak hanya menumbuhkan kesadaran spiritual anak, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, kebersamaan, dan tanggung jawab. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang konsisten, kontekstual, dan melibatkan peran aktif guru serta orang tua dalam mendampingi proses pembentukan karakter religius anak melalui nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...