Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

INTEGRASI GREEN CHEMISTRY DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI: TINJAUAN PRAKTIK INTERNASIONAL DAN RELEVANSINYA DI INDONESIA

Magfirah HS, Sri (Unknown)
Sattuang, Herlina (Unknown)
Wulandari, Riska (Unknown)
Aeni, Nur (Unknown)
Rifkah Ansyarif, Azmalaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Krisis lingkungan global menuntut pendidikan tinggi untuk mengadopsi pendekatan inovatif yang berorientasi pada keberlanjutan. Green chemistry, yakni perancangan produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan penggunaan serta pembentukan zat berbahaya, menjadi pendekatan strategis untuk menyelaraskan pendidikan sains dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Studi ini memiliki kebaruan dalam mengkaji integrasi prinsip green chemistry dalam pendidikan tinggi melalui pendekatan studi kasus global yang jarang dikaji dalam konteks Indonesia. Penelitian ini tidak hanya menyoroti aspek kurikulum, tetapi juga menelaah dimensi kebijakan, pelatihan dosen, dan kesiapan infrastruktur secara komprehensif. Temuan ini mengisi kekosongan literatur dengan memberikan gambaran menyeluruh tentang tantangan dan peluang implementasi green chemistry di Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan adanya studi empiris mengenai persepsi dosen dan mahasiswa, evaluasi implementasi pada program studi tertentu, serta pengembangan model integrasi green chemistry yang kontekstual dan berkelanjutan di tingkat nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...