ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2025)

EKSPLORASI PEMAHAMAN KEAMANAN DIGITAL OLEH SISWA SD DALAM AKTIVITAS ONLINE

Idris, Hikmah (Unknown)
Rukli, Rukli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

The advancement of information and communication technology has significantly influenced various aspects of life, including the field of education. Consequently, enhancing public understanding of digital security and ethics in online interactions has become a crucial priority, as these elements form the foundational pillars of a safe and healthy digital ecosystem in Indonesia. Awareness of the importance of digital literacy should ideally be cultivated from an early age, particularly at the elementary school level. Comprehensive digital literacy education serves as a vital foundation for shaping a generation that is not only technologically proficient but also responsible and wise in navigating the digital environment. This study adopts a qualitative descriptive approach. The aim of this research is to analyze elementary school students’ understanding of digital security in the context of online activities. Data collection techniques employed include interviews and observations, which were conducted to gather insights from the study participants. The findings suggest that students are developing a growing awareness of the importance of using the internet responsibly. The results further indicate that students understand how to safeguard personal information and create secure passwords. Additionally, they demonstrated alertness by seeking guidance from their parents and reporting interactions with unfamiliar individuals. ABSTRAK Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa pengaruh besar terhadap berbagai bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman masyarakat mengenai keamanan digital dan etika dalam interaksi daring menjadi hal yang krusial, karena keduanya merupakan landasan utama dalam membangun ekosistem digital yang aman dan sehat di Indonesia. Kesadaran akan pentingnya literasi digital sebaiknya mulai dibangun sejak usia anak-anak, terutama di tingkat sekolah dasar. Pendidikan literasi digital yang menyeluruh menjadi fondasi utama dalam membentuk generasi yang tidak hanya terampil menggunakan teknologi, tetapi juga memiliki tanggung jawab dan kebijaksanaan dalam beraktivitas di dunia digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menganalisis pemahaman tentang keamanan digital oleh siswa sekolah dasar dalam aktivitas daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Metode pengumpulan data diterapkan guna mendapatkan informasi dari partisipan penelitian. Temuan studi ini menunjukkan bahwa para siswa memiliki kesadaran akan pentingnya penggunaan internet secara bijak. Hasil akhirnya mengindikasikan bahwa siswa telah memahami cara melindungi informasi pribadi dan menciptakan kata sandi yang aman. Selain itu, mereka juga menunjukkan sikap waspada dengan berkonsultasi kepada orang tua dan melaporkan interaksi dengan orang asing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...