Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Implementasi E-modul Berbasis Project, Activity, Cooperative, Excerise (PACE) Nuansa Kota Lama Semarang Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Nabila, Fasya Nuri (Unknown)
Mawarsari, Venissa Dian (Unknown)
Purnomo, Eko Andy (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kepraktisan e-modul berbasis model pembelajaran PACE yang memuat nuansa budaya lokal Kota Lama Semarang pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. E-modul dikembangkan menggunakan perangkat lunak Canva dan diakses melalui web Heyzine. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari satu guru dan 23 siswa dari salah satu SMP di Kota Semarang. penggumpulan data menggunakan angket dan wawancara, kemudian dianalisis melalui skala likert dan dikonversi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul tergolong dalam kategori “praktis” dengan rata-rata skor kepraktisan dari guru sebesar 88,5% dan dari siswa sebesar 86,7%. E-modul dinilai mampu meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar serta menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan yang berbasis proyek dan aktivitas yang kontekstual. Penggabungan unsur budaya lokal juga mendorong minat dan antusias siswa dalam pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan e-modul berbasis PACE nuansa Kota Lama Semarang sebagai alternatif bahan ajar inovatif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di tingkat SMP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...