Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Kemampuan Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Peluang Ditinjau dari Self-Regulated Learning

Jatmiko, Dhanar Dwi Hary (Unknown)
Putra, Aldi Maulana (Unknown)
Kristiana, Arika Indah (Unknown)
Murtikusuma, Randi Pratama (Unknown)
Adawiyah, Robiatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa dalam memecahkan masalah peluang ditinjau dari self-regulated learning. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX. Sampel penelitian kualitatif yang diambil sebanyak 3 siswa yang memiliki self-regulated learning yang berbeda, yaitu siswa dengan self-regulated learning tinggi, siswa dengan self-regulated learning sedang dan siswa dengan self-regulated learning rendah. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi peluang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self-regulated learning tinggi memenuhi 3 tahapan dengan 4 indikator berpikir logis. Siswa dengan self-regulated learning sedang memenuhi 3 tahap dengan 4 indikator meskipun pada tahap kemampuan argumentasi masih belum lengkap. Siswa dengan self-regulated learning rendah memenuhi tahapan berpikir runtut namun tidak memenuhi tahapan kemampuan berargumentasi dan menarik kesimpulan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...