Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 6 No 1 (2025): Januari- Juni 2025

Analisis Kualitatif Pembelajaran Individual Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan di SLBN X Kelas IV

Rianita, Dian (Unknown)
Roudlotul Jannah, Ainun Naqiyyah (Unknown)
Ruby, Arcivid Chorynia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif proses pembelajaran individual matematika pada siswa tunagrahita ringan di kelas 4 SLB X. Subjek penelitian adalah seorang siswa berinisial FAA yang berusia 11 tahun dan didiagnosis dengan tunagrahita ringan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran individual yang menggabungkan media konkret, visual, dan kinestetik mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika, khususnya penjumlahan dan pengurangan bilangan 1–10. FAA menunjukkan peningkatan dalam menyelesaikan soal secara mandiri, meskipun masih membutuhkan waktu lebih lama dalam mengerjakan soal cerita dan latihan penulisan angka. Temuan juga memperlihatkan bahwa keterlibatan guru melalui metode adaptif dan pendampingan orang tua di rumah berperan penting dalam membangun motivasi dan kepercayaan diri siswa. Pembelajaran yang sistematis, menyenangkan, dan sesuai karakteristik anak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung dasar siswa tunagrahita ringan. Setelah enam pertemuan, FAA mampu menyelesaikan 80% soal penjumlahan dan pengurangan angka 1–10 secara mandiri menggunakan media konkret, meskipun masih memerlukan pendampingan dalam menyelesaikan soal cerita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...