JURNAL OBOR PENMAS
Vol. 8 No. 1 (2025): Transformasi Pendidikan Nonformal di Era Global: Literasi, Kesiapan Kerja, dan

DAMPAK PROGRAM MENTORING KARIR PADA PENINGKATAN KAPASITAS PENGETAHUAN DI RUANG BELAJAR AQIL

Frida Intan Rasyidianti (Unknown)
Amin Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Ruang Belajar Aqil (RBA) merupakan lembaga dengan program dan kegiatan yang pembelajarannya berpusat pada kebutuhan penerima manfaat dan pengalaman, salah satunya adalah program Mentoring Karir dengan sasarannya relawan yang belum memiliki tujuan dalam perencanaan karir setelah lulus pendidikan maupun belum mengetahui minat dan skills yang dimiliki untuk mendukung karir yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak, faktor pendukung, dan faktor penghambat program Mentoring Karir pada peningkatan kapasitas pengetahuan relawan di Ruang Belajar Aqil (RBA). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Mentoring Karir memberikan dampak positif pada peningkatan kapasitas pengetahuan relawan, yaitu mengetahui mengenai perencanaan karir, pengembangan keterampilan, pemanfaatan jejaring, serta penerapan pada kegiatan sehari-hari. Faktor pendukung program ini meliputi kesesuaian tema dengan kebutuhan peserta serta peran mentor yang komunikatif. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti belum adanya wadah refleksi pembelajaran, belum adanya wadah umpan balik bagi mentor, kurangnya pemanfaatan jejaring, dan sesi mentoring yang tidak berkelanjutan.

Copyrights © 2025