Perkembangan teknologi digital di era saat ini menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak seperti peluang dalam matematika. Kurangnya pemahaman konseptual serta rendahnya motivasi belajar siswa merupakan tantangan penting yang harus segera diatasi dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan kontekstual dengan pengalaman siswa. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Android pada materi peluang bagi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media pembelajaran dirancang menggunakan aplikasi Construct 2 dan MIT App Inventor untuk menghasilkan aplikasi interaktif yang kompatibel dengan perangkat Android. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X di MA Syekh Yusuf Gowa. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa media tersebut memenuhi kriteria validitas, sedangkan tanggapan siswa melalui angket menempatkan media ini dalam kategori praktis. Selain itu, hasil tes belajar mengindikasikan tingkat ketuntasan belajar mencapai 78,5%, yang masuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, media pembelajaran digital ini layak dijadikan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi peluang secara lebih menarik, fleksibel, dan mandiri.
Copyrights © 2025