PT Pegadaian (Persero) cabang syariah merupakan lembaga keuangan non-bank yang menawarkan layanan sesuai prinsip syariah. Penelitian ini membahas Analisis Komparatif Kualitas Pelayanan pada pengguna Aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah UPS Simpang Rumbai, yang menyediakan dua bentuk pelayanan: digital melalui aplikasi dan manual di outlet. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan lima dimensi: kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui angket dari 200 responden (100 pengguna aplikasi dan 100 pengguna manual). Analisis mencakup uji validitas, reliabilitas, dan Independent Samples T-Test. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan aplikasi adalah 58,34, lebih rendah dibandingkan layanan manual yang mencapai 65,70. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung (10,699) > t tabel (1,984), H0 ditolak, menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kualitas pelayanan aplikasi Pegadian Syariah Digital dan manual di Pegadaian Syariah UPS Simpang Rumbai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025