Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran ganda ibu sebagai orang tua tunggal dalam mendidik karakter anak usia dini hingga usia sekolah dasar. Fenomena ibu tunggal semakin meningkat, sementara pendidikan karakter anak sangat ditentukan oleh kualitas pengasuhan dalam keluarga. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis tematik. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan yang merupakan ibu tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun menghadapi tantangan dalam pembagian waktu dan tekanan emosional, ibu tunggal mampu menerapkan strategi pengasuhan yang adaptif, komunikatif, dan konsisten. Nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, sopan santun, empati, dan kemandirian ditanamkan melalui keteladanan dan pembiasaan yang terstruktur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ibu tunggal memiliki kontribusi penting dalam membentuk karakter anak, serta membutuhkan dukungan sosial dan institusional untuk menjalankan perannya secara optimal.
Copyrights © 2025