Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pemahaman siswa SMK Tata Busana tentang aspek hukum bisnis fashion yang berpengaruh terhadap rendahnya kesiapan berwirausaha. Penelitian bertujuan mengembangkan modul pembelajaran hukum bisnis fashion sebagai solusi untuk meningkatkan kesiapan berwirausaha siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK jurusan Tata Busana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran hukum bisnis fashion yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, media, dan bahasa dengan kategori "sangat layak". Implementasi modul terbukti efektif meningkatkan kesiapan berwirausaha siswa, dibuktikan dengan peningkatan signifikan nilai pretest ke posttest. Penelitian menyimpulkan bahwa modul pembelajaran hukum bisnis fashion dapat menjadi solusi efektif untuk memperkuat aspek legalitas dalam pembelajaran kewirausahaan di SMK Tata Busana.
Copyrights © 2025