cover
Contact Name
Reski Nofriladi
Contact Email
nofrialdireski@gmail.com
Phone
+6282210123600
Journal Mail Official
siberpublisher.info@gmail.com
Editorial Address
Jalan Marina Indah Raya No. 1 Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, 14470
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara
ISSN : 29647525     EISSN : 29647517     DOI : https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 51 Documents
Determinasi Minat Belajar: Analisis Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Saputra, Raihan
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i1.12

Abstract

Abstract: Determination of Interest in Learning Analysis of Industrial Work Practices and Learning Achievement is a scientific article in the literature study within the scope of Education. This article aims to build a hypothesis of the influence between variables that it will use in further research. In addition to seeing the effect of industrial work practices and learning achievement on learning interest. Research objects in online libraries, Google Scholar, Mendeley, and other academic online media. Sourced from previous research that is relevant to this research. A descriptive qualitative method, library research, from e-books and open access e-journals. The results of this article are: 1) Industrial Work Practices are related to Interest in Learning; 2) Learning Achievement is related to Learning Interest; and 3) Industrial Work Practices related to Learning Achievement. Abstrak: Determinasi Minat Belajar: Analisis Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar adalah artikel ilmiah studi pustaka dalam ruang lingkup ilmu Pendidikan. Tujuan artikel ini membangun hipotesis pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya. Selain itu untuk melihat pengaruh praktik kerja industri dan prestasi belajar terhadap minat belajar. Objek riset pada pustaka online, Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Bersumber dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Metode kualitatif deskriptif, library research, dari e-book dan open access e-journal. Hasil artikel ini yaitu: 1) Praktik Kerja Industri berhubungan terhadap Minat Belajar; 2) Prestasi Belajar berhubungan terhadaap Minat Belajar; dan 3) Praktik Kerja Industri berhubungan terhadap Prestasi Belajar.
Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Bermain Congkak di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Ishlah Bukittinggi Bimas Saputra, Ebit; Asnida, Asnida
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i1.13

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to describe the improvement in the ability to say the order of numbers from one to twenty, the ability to recognize the concept of numbers and symbols of numbers, and the ability to classify the concepts of equal and unequal numbers, many and few, using congkak. The type used is classroom action research. Data collection techniques, namely observation and documentation, data collection tools using observation guidelines. The findings from research show that playing with congkak can improve children's numeracy skills in naming numbers from one to twenty, recognize the concept of numbers and number symbols, and classify the concepts of equal and unequal numbers, many and few. It is suggested to educators to be able to use the method of playing by using congkak in improving children's numeracy skills. Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyebutkan urutan bilangan satu sampai dua puluh, kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, dan kemampuan mengelompokkan konsep bilangan sama dan tidak sama, banyak dan sedikit, dengan menggunakan congkak. Jenis yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi, alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Temuan dari penelitian bahwa bermain dengan menggunakan congkak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam menyebutkan urutan bilangan satu sampai dua puluh, mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, dan mengelompokkan konsep bilangan sama dan tidak sama, banyak dan sedikit. Disarankan kepada pendidik agar dapat menggunakan metode bermain dengan menggunakan congkak dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review) Yandi, Andri; Nathania Kani Putri, Anya; Syaza Kani Putri, Yumna
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i1.14

Abstract

Abstract: Literature articles reviewing the factors that influence student learning outcomes are scientific articles that aim to build research hypotheses about the influence of variables to be used in further research, within the scope of education. The method of writing this Literature Review article is the library research method, which is sourced from online media such as Google Scholar, Mendeley and other academic online media. The results of this Literature Review article are that: 1) The use of learning resources affects learning outcomes; 2) The school environment influences learning outcomes; and 3) School culture influences learning outcomes. Apart from these 3 exogenous variables, there are many other factors which influence learning outcomes including learning motivation, teacher competence, teacher communication, study discipline, classroom management, organizational climate, and self-management. Abstrak: Artikel literatur review faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup ilmu pendidikan. Metode penulisan artikel Literature Review ini adalah dengan metode library risearch, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan media online akademik lainnya. Hasil artikel Literature Review ini adalah bahwa: 1) Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar; 2) Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar; dan 3) Budaya sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar. Selain dari 3 variabel exogen ini, masih banyak faktor lain di antaranya yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya yaitu motivasi belajar, kompetensi guru, komunikasi guru, disiplin belajar, pengelolaan kelas, iklim organisasi, serta manajemen diri.
Persepsi Siswa Kelas XI IPS Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Geografi di SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Mayona, Aliza; Hose Pernando, Yuda
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i1.15

Abstract

Abstract: This study aims to obtain data or information and discuss the basic teaching skills of teachers at SMA Negeri 1 Rbatan. This research method is descriptive, data is collected by questionnaire, data is analyzed by proportion technique. The results of this study found that students' perceptions of teacher teaching skills were quite good (79.99%) with details, a). the skills of opening and closing lessons are good (81.51%), b). questioning skills are quite good (79.78%), c). the skill of giving damage is quite good (83.02%), d). class management skills are classified as good (81.06%), e). expertise having variations is quite good (78.16%), f). explaining skills are quite good (79.94%), g). Skills in leading discussions are quite good (79.32%), h). small group teaching skills are quite good (78.68%). Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi dan membahas tentang keterampilan dasar mengajar guru di SMA Negeri 1 Rambatan. Metode penelitian ini deskriptif, data dikumpulkan dengan angket, data di ananlisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru tergolong cukup baik (79,99 %) dengan rincian, a). keterampilan membuka dan menutup pelajaran tergolong baik (81,51 %), b). keterampilan bertanya tergolong cukup baik (79,78 %), c). keterampilan memberi penguatan tergolong baik (83,02 %), d). keterampilan mengelola kelas tergolong baik (81,06 %), e). keterampilan mengadakan variasi tergolong cukup baik (78,16 %), f). keterampilan menjelaskan tergolong cukup baik (79,94 %), g). keterapilan memimpin diskusi tergolong cukup baik (79,32 %), h). keterampilan mengajar kelompok kecil tergolong cukup baik (78,68 %).
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Wisma Pendawa Ciumbuleuit Bandung Sari Suryani, Ratna; Agustina, Granit; Komar Priatna, Deden; Lusiana Yulianti, Maria
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Januari-Maret 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i1.16

Abstract

Abstract: This study aims to examine the effect of leadership style on employee performance at Wisma Pendawa Ciumbuleuit Bandung. The variables tested in this study consist of leadership style and employee performance. This research method is a descriptive and verification method using a quantitative approach and is grouped in causal research. The population and sample in this study were 37 employees of Wisma Pendawa Ciumbuleuit Bandung. Samples were determined using Saturated Sampling. The data used is primary data collected through observation, interviews, questionnaires, and literature. To measure the influence of these variables, simple linear regression and the coefficient of determination are used with the help of the SPSS 25 computer application program. Based on the results of data analysis using statistical methods, namely simple linear regression, the coefficient of determination (KD) is 56.9% with a value correlation coefficient of 0.755. Based on these results it can be concluded that leadership style has a positive effect on employee performance at Wisma Pendawa Ciumbuleuit. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada Wisma Pendawa Ciumbuleuit Bandung. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari gaya kepemimpinan, dan kinerja karyawan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakann pendekatan kuantitatif serta dikelompokkan dalam penelitian kausal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Wisma Pendawa Ciumbuleuit Bandung sebanyak 37 karyawan. Sampel ditentukan dengan menggunakan Sampling Jenuh. Data yang di gunakan adalah data primer yang di kumpulkan melalui observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan kepustakaan. Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel tersebut di gunakan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan program aplikasi komputer SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik yaitu regresi liner sederhana, di peroleh nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 56,9% dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,755. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap Kinerja karyawan pada Wisma Pendawa Ciumbuleuit.
Ancaman Keamanan Pada Sistem Informasi Manajemen Perusahaan Adi Saputra, Lanang; Muhammad Akbar, Fadel; Cahyaningtias, Febrina; Puspa Ningrum, Mega; Fauzi, Achmad
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i2.48

Abstract

Pengetahuan adalah asset terpenting perusahaan. Karena kemampuan memberikan informasi secara cepat dan akurat sangatlah penting. Sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) sering berperan dalam manajemen informasi. Namun, ketika berkembang, ITU sering terjadi yang dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawabmerupakan ancaman dan risiko yang dapat membahayakan organisasi. Sistem informasi manajemen adalah sarana terstruktur untuk menyediakan informasi tepat waktu bagi manajemen di luar organisasi dan untuk kegiatan operasional di dalam organisasi dengan tujuan memfasilitasi proses manajemen, meningkatkan proses perencanaan dan pengendalian serta mendukung proses pengambilan keputusan. Dengan kemajuan teknologi ancaman demi ancaman mulai bermunculan, beberapa ancaman terhadap system informasi ataralain: 1) Interruption, 3)Interception, 4)Modification. Pada dasarnya, sistem yang aman melindungi informasi yang dikandungnya, seperti Identifikasi pengguna, autentikasi pengguna, dan otorisasi pengguna. Beberapa kemungkinan serangan (peretasan) dapat dilakukan, seperti, Intrusi atau Denial of Service. Joyrider, vandalisme, pencurian, phishing, penipuan dan lain-lain. Sistem informasi terpapar berbagai ancaman, antara lain, Pencurian data, penggunaan sistem yang tidak sah, penghancuran data yang tidak sah, modifikasi data yang tidak sah, kerusakan sistem, kesalahan manusia (SDM sumber daya manusia), bencana alam.
Pengaruh Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Indriani, Teti; Hilmi; Madyan; Wahyudi Diprata, Aprizal
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i2.66

Abstract

Artikel ini membahas dan menganalisis Pengaruh Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi), Terhadap Pengembangan Karakter Religius Siswa, sebagai tambahan wawasan bagi guru dan calon guru agar dapat memahami hal-hal yang mempengaruhi Peningkatan Semangat Ibadah Siswa. Metode penulisan artikel Kajian Pustaka ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan/atau media online akademik lainnya. Hasil dari artikel ini adalah: 1) Perencanaan berpengaruh terhadap Pengembangan Karakter Religius Siswa; 2) Pelaksanaan berpengaruh terhadap Pengembangan Karakter Religius Siswa; dan 3) Evaluasi berpengaruh terhadap Pengembangan Karakter Religius Siswa. Selain 3 variabel eksogen tersebut yang mempengaruhi variabel endogen dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa masih banyak faktor lain diantaranya Metode, Pendekatan, dan lingkungan Sekolah juga mempengaruhi pengembangan Karakter Religius Siswa.
Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo Resmalia Putri, Desti; Hakim, Lukman; MY, Mahmud; Wahyudi Diprata, Aprizal
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Juli-September 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i3.72

Abstract

Artikel ini membahas dan menganalisis Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Stanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo, Sebagai tambahan wawasan bagi guru dan calon guru agar dapat memahami hal-hal yang mempengaruhi dalam hal meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Metode penulisan artikel Kajian Pustaka ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan/atau media online akademik lainnya. Hasil dari artikel ini adalah: 1. Manajemen Kepala Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo; 2 Yang Dilakukan Oleh Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Bungo Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Provinsi Jambi; dan 3. Hambatan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Bungo Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Dari 2 tema tersebut akan melihat secara mendalam mengenai temuan umum dan khusus dalam Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Bungo Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Provinsi Jambi
Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo Ayuniar, Zapira; Badarussyamsi; Sumira; Wahyudi Diprata, Aprizal
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (April-Juni 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i2.74

Abstract

Artikel ini membahas dan menganalisis Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo, Sebagai tambahan wawasan bagi guru dan calon guru agar dapat memahami hal-hal yang mempengaruhi dalam hal meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Metode penulisan artikel Kajian Pustaka ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang bersumber dari media online seperti Google Scholar, Mendeley dan/atau media online akademik lainnya. Hasil dari artikel ini adalah: 1) Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Fiqih siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo; 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo; dan 3) faktor penghambat dan solusi dalam penerapan model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo. Dari 2 tema tersebut akan melihat secara mendalam mengenai temuan umum dan khusus dalam implementasi model pembelajaran inkuiri ini terhadap motivasi belajar siswa.
Partisipasi Masyarakat dalam Proses Perencanaan Pembangunan Desa (Studi di Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan) Manguntara, La
Jurnal Pendidikan Siber Nusantara Vol. 1 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Oktober-Desember 2023)
Publisher : Siber Nusantara Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jpsn.v1i4.79

Abstract

This study aims to determine and describe community participation in the village development planning process in Cialam Jaya Village, Konda Subdistrick, South Konawe Districk. The method used is this study is qualitative descriptive. The location of the research was in Cialam Jaya Village, Konda Subdistrick, South Konawe Districk. The types and sources of data used in this study are primary and secondary data. In the proses of the data collection techniques used methods are obsrvasion methods, interviews and documentation, so as to be able to describe various matters relating to community participation in the village development planning process in Cialam Jaya Village. The data obtained were analyzed qualitatively and described in descriptive form. The results showed that community participation in the village development planning process in the village of Cialam Jaya in terms of involvement in meetings or deliberations, providing data and information, preparation of development plan designs, determining priority scales and making decisions is still not good, this is due to lack of community understanding of the importance community involvement in the village development planning process.