Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, Desain Penelitain ini menggunakan model Spiral (Kemmis & Taggart) yang terdiri dari empat tahap, yaitu Perencanaan, Tindakan, Obervasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% siswa yang memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menujukan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 20 Ampenan. Keterampilan berbicara siswa pada siklus satu dengan rata-rata 66% peningkatan pada siklus II sebesar 85% pada tindakan ini keterampilan berbicara siswa dengan intonasi suara ekspresi meningkat hingga kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 85% siswa yang mampu memperoleh nilai ≥ 70.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025