Global Education Trends
Vol. 3 No. 1 (2025): GLOBAL EDUCATION TRENDS

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SEKOLAH DASAR

Lalu Ziyadatul Fahmi (Unknown)
Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, Desain Penelitain ini menggunakan model Spiral (Kemmis & Taggart) yang terdiri dari empat tahap, yaitu Perencanaan, Tindakan, Obervasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% siswa yang memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menujukan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN 20 Ampenan. Keterampilan berbicara siswa pada siklus satu dengan rata-rata 66% peningkatan pada siklus II sebesar 85% pada tindakan ini keterampilan berbicara siswa dengan intonasi suara ekspresi meningkat hingga kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 85% siswa yang mampu memperoleh nilai ≥ 70.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

get

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Global Education Trends with E-ISSN: 3030-8623 is an international journal-recognized education area and is published twice a year (June and December). The aim of this journal is to publish studies of high-quality research results in the fields of teaching, learning, instruction, curriculum ...