J-SES : Journal of Science, Education, and Studies
Vol 3 No 3 (2024): Jurnal J-SES Vol 3 No 3

Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Bagi Perwujudan Pendidikan yang Inklusif

Agustina Tarik, Atika (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Tantangan dalam dunia pendidikan modern saat ini adalah kurangnya pemerataan terhadap peserta didik dari segi sosial maupun akademik. KH. Ahmad Dahlan adalah salah satu pelopor dalam sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia melahirkan pemikiran dalam konteks pembaruan pendidikan Islam, dengan fokus pada gagasan modernitas dan inklusivitas. Pemikiran tersebut lahir dari hasil pengkajian surah Al – Ma’un. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, yang melibatkan analisis berbagai sumber, termasuk buku, artikel akademik, dan dokumen sejarah yang relevan. KH. Ahmad Dahlan mengintegrasikan ilmu agama dan pengetahuan umum dalam pendidikan Islam, serta membuka akses pendidikan bagi kelompok terpinggirkan, seperti perempuan dan kaum miskin. Implikasi pemikiran beliau menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya relevan dengan perkembangan zaman, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan masyarakat yang lebih adil dan setara. Dengan demikian, gagasan KH. Ahmad Dahlan tentang pendidikan tetap relevan dalam menghadapi tantangan modernitas dan berfungsi sebagai landasan bagi pengembangan pendidikan Islam yang progresif di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-SES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

J-SES: Journal of Science, Education and Studies merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini berfokus pada karya ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah tentang ilmu pendidikan dan pembelajaran. J-Ses terbit ...