Sastra anak merupakan ikhwal penting yang ikut serta dalam membentuk karakter anak. Karakter anak yang merupakan bagian dari kecerdasan manusia itu menjadi hal yang penting dan tak bisa diabaikan sehingga dalam prosesnya perlu dikawal sejak dini. Sastra anak yang pada proses dan gerak mempengaruhi pembacanya itu tersematkan di dalamnya nilai-nilai karakter sebagai pembangunan karakter anak. Penelitian ini menilisik struktur naratif yang ikut membangun nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen “Sesendok Nasi Goreng” yang terdapat dalam kumpulan cerita anak “Indra Tualang Si Doktor Kopi karya Soesilo Toer”. Adapun teori yang dipakai untuk melihat struktur naratif tersebut ialah teori naratif yang diperkenalkan oleh Gerrad Genette, yang utamanya dalam konsep order. Sementara nilai-nilai pendidikan karakter yang diketemukan dalam karya sastra mengacu pada nilai-nilai pendidikan karakter yang dipaparkan oleh Azzet. Dengan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian, ditemukan beberapa nilai karakter yang ada dalam karya tersebut, yang antara lain kejujuran dan rasa tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini membawa manfaat tidak hanya bagi para pendidik dalam memperluas wawasan terkait nilai-nilai pendidikan karakter dalam karya sastra, sehingga membantu dalam profesinya sebagai pendidik, pun juga bagi khalayak umum dalam menyiapkan generasi penerus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025