Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 4 No 1 (2025): Januari 2025

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS SAINTIFIK BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Anggraini, Ririn (Unknown)
Amdani, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika dan keterbatasan bahan ajar berupa e-modul yang dimiliki guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan E-Modul Fisika berbasis saintifik berbantuan berbantuan Flip Pdf Corporate Edition pada materi gelombang bunyi yang layak, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Nurul Islam Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar uji kelayakan ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan peserta didik, instrumen tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah telah dihasilkannya E-Modul berbasis saintifik yang layak ditinjau dari kelayakan ahli materi dengan presentase 93,75% dan ahli media dengan presentase 92,30% yang termasuk kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Hasil uji kepraktisan guru fisika terhadap e-modul yang dikembangkan diperoleh persentase 93% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 90,25% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian tes hasil belajar pada peserta didik memperoleh skor N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, maka E-Modul dikatakan sangat efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa E-Modul yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...