SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Vol 2, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton

Hasugian, Sara (Unknown)
Wahyuni, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X pada materi Hukum Newton di SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sampel yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan modul pembelajaran berbasis PBL dan kelas X-4 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essai berjumlah 10 soal. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sakola

Publisher

Subject

Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics

Description

SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk ...