Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 4, No 3 (2025): Volume 4, Issue 3 2025

Aksi Kolaborasi Program Kampus Mengajar Angkatan 8 Sebagai Wujud Mengabdi Untuk Negeri

Kurniasari, Septiana (Unknown)
Sapii, Tria Anni Novriani (Unknown)
L, Liliernawati (Unknown)
Sari, Rani Puspita (Unknown)
Habibi, Moh. Arif Alfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Siswa Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 79 negara, berdasarkan data PISA tahun 2018. Berdasarkan data dari Most Littered in the World, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara yang diteliti. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia, sehingga berdampak pada sumber daya manusia yang tidak kompetitif. Kampus Mengajar hadir untuk membantu sekolah-sekolah, khususnya dalam meningkatkan literasi dan numerasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui implementasi aksi kolaborasi mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8 sebagai wujud mengabdi untuk negeri. Data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Program Kampus Mengajar Angkatan 8 ini dilaksanakan pada bulan September Desember 2024. Aksi kolaborasi program Kampus Mengajar Angkatan 8 Tahun 2024 berjalan dengan sangat baik dan berdampak khususnya pada kemampuan akademik peserta didik. Selain itu, aksi kolaborasi ini berhasil menciptakan ikatan emosional yang sangat baik antara guru, mahasiswa dan peserta didik.

Copyrights © 2025