:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran snowball throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan quasi exsperimen dengan desain penelitian nonequivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 02 Sintang tahun 2016/2017 yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan lembar tes kognitif Berdasarkan penelitian diperoleh hasil pembelaran snowball throwing berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,455 dan perolehan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,010. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung>ttabel (4,455>2,010) yang artinya hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwingterhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Snowball throwing, Aktivitas Belajar, Kognitif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016