Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 5 No. 1 (2025): Artikel Riset Maret 2025

Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dan Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian

Sujadi, Didi (Unknown)
Yazid, Abu (Unknown)
A.Asrorudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan marketing mix terhadap keputusan pembelian di wisata kuliner pasar lama kota tangerang. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling yaitu pengambilan sampel secara acak siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti. Penentuan sampel dalam penelitian adalah 105 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel budaya, sosial, pribadi, dan distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan variabel psikologi, produk, harga, dan promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi, psikologi, produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk usaha mikro, kecil dan menengah di wisata kuliner pasar lama kota tangerang. Kata Kunci: Perilaku konsumen, Marketing mix dan keputusan pembelian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...