Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Kalkulator Jari tangan pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang, seberapa besar peningkatan pemahaman operasi perkalian menggunakan metode Kalkulator Jari Tangan materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang, respon siswa terhadap penggunaaan metode Kalkulator Jari Tangan pada materi Keliling dan Luas persegi dan persegi panjang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A SD Negeri 18 Ladang Sintang yang berjumlah 15 siswa.Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan metode terlaksana dengan baik terlihat pada hasil observasi siswa pada siklus I rerata 87,57% dan siklus II rerata 100%, (2) terdapat peningkatan pemahaman operasi perkalian pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Ini ditunjukkan dari rerata hasil tes siklus I  76,67 dengan ketuntasan klasikal      73,33% dan hasil siklus II 86 dengan ketuntasan   klasikal   86,67%, dan   (3) respon siswaterhadap   penggunaan metode kalkulator jari tangan sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode kalkulator jari tanganmeningkatkan pemahaman operasi perkalian pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang.Â
Copyrights © 2015