Journal Of Informatics And Busisnes
Vol. 3 No. 1 (2025): April - Juni

Analisis Sistem Antrian Pada UMKM Kedai Kopi Dob Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan

Nurul Hidayat (Unknown)
Ardyansyah (Unknown)
Ayu Juliana (Unknown)
Gusti Ayu Dwi Jessika Dewanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Tarakan adalah salah satu dari sedikit tempat dengan banyak kedai kopi, sehingga dikenal sebagai "Kota 1000 Caffe". Tujuan utama kedai kopi adalah untuk membantu pemilik memaksimalkan kualitas dan efisiensi produk mereka. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif menggunakan perangkat lunak POM-QM. Tipe antrian adalah "Saluran Tunggal - Fase Tunggal", oleh karena itu tipe antrian yang digunakan adalah M/M/1. Hasilnya meliputi jumlah server, tingkat pelayanan, dan jumlah kedatangan selama periode satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Caffe Dob menggunakan model antrian saluran tunggal fase tunggal dengan disiplin antrian untuk datang perlayani pertama. 120 orang setiap empat jam adalah rata-rata tingkat pelayanan, 97,25 orang per empat jam adalah rata-rata kedatangan pelanggan, dan hanya ada satu server yang beroperasi. Rata rata waktu sistem adalah 2.455 menit, dan rata waktu antri pelanggan adalah 4.9025 menit.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jibs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal Of Informatics And Busisnes (JIBS) E-ISSN : 2988-4853 is an interdisciplinary journal. It publishes scientific papers describing original research work or novel product/process development. The objectives are to promote an exchange of information and knowledge in research work, and new ...