JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA
Vol 3, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SE-EKS KARESIDENAN MADIUN

Hadi, Panji Kuncoro (Unknown)
Maruti, Endang Sri (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar sekaresidenan Madiun.. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian pengembangan ini merujuk pada metode 4-D. Data penelitian berupa hasil validitas pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar se-karesidenan Madiun. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes nembang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun terdiri dari tiga tahap. Tahap tersebut adalah tahap pendifinisian, tahap tahap perancangan, dan tahap pengembangan; (2) buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun tingkat reliabilitasnya sangat tinggi, yakni 89,7%; dan (3) berdasarkan penghitungan, hasil thitung  sebesar 7,31, sedangkan ttabel sebesar 3,56. Karena thitung>ttabel maka H1 diterima. Hal tersebut menyatakan bahwa bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun adalah efektif digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, SAVI, Tembang Dolanan, Sekolah Dasar

Copyrights © 2017