Banyak warung sembako yang mulai kesulitan dalam mempertahankan usahanya karena faktor dari sistem pelayanan kepada pembeli. Misalnya, ketika volume penjualan meningkat dan jumlah pembeli bertambah, proses pelayanan sering kali menjadi lambat dan tidak efisien, sehingga menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pelanggan, padahal pelayanan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan usaha ritel. Mengoptimalkan sistem pelayanan transaksi penjualan menggunakan teknologi dan metode yang tepat dapat menjadi solusi untuk meningkatkan daya saing usaha, misalnya dengan penerapan algoritma Short Job First ke dalam sistem pelayanan transaksi penjualan. Sistem ini dikembangkan menggunakan metodologi Software Development Life Cycle dengan bahasa pemrograman Delphi, database Mysql, dan perancangan sistem menggunakan Unified Manipulation Language, sehingga memungkinkan akan menghasilkan sistem pelayanan trasaksi yang lebih efektif. Hasil implementasi menunjukan bahwa algoritma Sort Job First cukup efektif dalam mengoptimalkan urutan proses transaksi penjualan berdasarkan prioritas jumlah item pembelian, Namun, bagi pelanggan yang membeli dalam jumlah besar merasa kurang diprioritaskan. Berdasarkan pengukuran kepuasan pelanggan menggunakan Customer Satisfaction Testing, 82,22% pelanggan merasa puas dengan sistem pelayanan transaksi penjualan yang diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025