Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 2 Issue No. 2: January 2025

Kolaborasi Guru dan Orang Tua: Strategi Komunikasi Efektif di Tengah Tantangan Era Digital

Yusuf, Nur Rahmah Patimah (Unknown)
Jihan Nadia (Unknown)
Musi, Muhammad Akil (Unknown)
Hasmawaty (Unknown)
Fitriani Dzulfadhilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Seminar parenting bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara guru dan orang tua dalam membangun komunikasi efektif di era digital. Era digital menghadirkan tantangan besar bagi orang tua dan guru dalam membimbing anak-anak menghadapi paparan teknologi, termasuk risiko konten negatif dan cyberbullying. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di TK Batara Bira Makassar dengan partisipasi 3 guru dan 17 orang tua, menggunakan metode ceramah dan diskusi interaktif. Seminar ini memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang risiko dan manfaat teknologi digital, serta strategi komunikasi yang efektif dalam keluarga. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan keterampilan peserta sebanyak 80%. Guru dan orang tua kini lebih siap menghadapi tantangan digital parenting, termasuk penerapan pola asuh yang bijak dan pengawasan penggunaan perangkat digital oleh anak-anak. Kegiatan ini juga memperkuat sinergi antara guru, orang tua, dan anak, mendukung terciptanya lingkungan pengasuhan yang positif dan harmonis. Solusi yang ditawarkan, seperti pendekatan empati, pengaturan penggunaan teknologi, dan edukasi etika digital, memberikan landasan kuat untuk membimbing anak dalam memanfaatkan teknologi secara optimal. Dengan hasil yang positif, program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun komunikasi efektif dan kesadaran digital di kalangan orang tua dan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...