Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
Volume 2 Issue No. 2: January 2025

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana bagi Pengelola BUMDes Desa Parang Ba’do Kabupaten Takalar

Khaeruddin, Faizah (Unknown)
Faizah Khaeruddin (Unknown)
Rahmawati. R (Unknown)
Putri, Nur Vadila (Unknown)
Dewi, Shabrina Syntha (Unknown)
Alkam, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Parang Ba’do, Kabupaten Takalar, dalam menyusun laporan keuangan sederhana yang sesuai dengan prinsip akuntansi dasar. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan pemahaman dalam mencatat transaksi usaha secara sistematis dan menyusun laporan keuangan sebagai alat pertanggungjawaban serta pengambilan keputusan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pendekatan partisipatif melalui pelatihan, simulasi pencatatan transaksi, dan pendampingan langsung dalam penyusunan laporan keuangan. Materi yang diberikan mencakup prinsip dasar akuntansi, format laporan keuangan sederhana, serta praktik pencatatan kas, penjualan, pembelian, dan biaya operasional. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap siklus akuntansi dan kemampuan menyusun laporan keuangan yang mencerminkan kondisi keuangan BUMDes. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes, serta menjadi fondasi penting bagi penguatan tata kelola keuangan desa. Ke depan, diperlukan pendampingan lanjutan untuk mengintegrasikan sistem pelaporan digital dan pelatihan audit internal sederhana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KREATIVA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...