Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan internal TPQ Nurul Hidayah Desa Sungai Ambawang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus kajian mencakup kompetensi umum, kompetensi inti, serta sumber daya yang dimiliki lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPQ Nurul Hidayah memiliki kompetensi dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran dan hubungan sosial dengan masyarakat, serta keunggulan dalam penggunaan metode Qiraati, kedekatan emosional ustadz/ustadzah dengan santri, dan modal sosial berupa kepercayaan masyarakat. Namun demikian, diperlukan penguatan kelembagaan melalui dokumentasi sistematis, pelatihan berkelanjutan bagi tenaga pengajar, serta optimalisasi sarana dan media pembelajaran. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman dinamika internal lembaga pendidikan Islam dan menawarkan rekomendasi strategis untuk pengembangan berkelanjutan berbasis kompetensi dan sumber daya.
Copyrights © 2024