Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2025): July

Keterampilan Berbicara Sebagai Kunci Utama dalam Kemampuan Berbahasa Peserta Didik di Sekolah

Sahara, Sahara (Unknown)
Satria, Dadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran penting keterampilan berbicara dalam menunjang perkembangan kemampuan berbahasa peserta didik secara menyeluruh. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui telaah pustaka terhadap berbagai sumber teori yang relevan. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa keterampilan berbicara tidak hanya menunjang kelancaran komunikasi lisan, tetapi juga memperkuat pemahaman terhadap struktur bahasa, pengucapan kata, serta kemampuan berpikir kritis dan logis. Selain itu, pembelajaran yang difokuskan pada pengembangan keterampilan berbicara mampu membangun rasa percaya diri siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas komunikasi di kelas. Suasana belajar pun menjadi lebih aktif dan interaktif ketika keterampilan ini dikembangkan secara sistematis. Dengan demikian, keterampilan berbicara memiliki posisi yang strategis dalam pembelajaran bahasa dan perlu diutamakan dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia include: Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian ...