Media pembelajaran LMS (Learning Management System) merupakan sebuah inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran biologi berbasis literasi digital, untuk melihat kelayakan media pembelajaran biologi berbasis literasi digital. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Thiagarajan), yaitu singkatan dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun dalam penelitian pengembangan ini hanya dibahas sampai tahap development. Validasi media LMS ditujukan pada ahli media dan materi. Kepraktisan media LMS ditentukan berdasarkan hasil respon guru dan siswa. Penelitian ini diuji coba kepada siswa kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Hasil dari penelitian ini berupa produk media pembelajaran website e-learning dengan nilai uji kelayakan oleh ahli media sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak” validasi oleh ahli literasi digital sebesar 92% dengan kriteria “sangat layak” dan oleh ahli materi sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”. Website e-learning dinyatakan praktis dengan hasil respon guru sebesar 87% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil respon siswa dengan kriteria “sangat praktis” sebesar 83% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa website e-learning layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan materi kingdom fungi.
Copyrights © 2025