Bioinformatika merupakan bidang penting dalam pendidikan biologi modern, namun penyampaian materinya sering menghadapi tantangan karena sifat konsep yang abstrak dan kompleks. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) dalam bentuk AR Book pada materi Kajian Potensi Tanaman Herbal secara In Silico yang digunakan dalam mata kuliah Bioinformatika di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Samudra. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan perlunya media interaktif berbasis digital. Media dikembangkan dalam bentuk buku dengan marker visual yang terintegrasi dengan aplikasi AR berbasis Android. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli materi sebesar 87% dan ahli media sebesar 82%, keduanya dalam kategori sangat layak. Kesimpulannya, media ini efektif mendukung visualisasi konsep abstrak dalam pembelajaran bioinformatika dan berpotensi meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025