Transformasi peran guru dalam era digital menuntut keterampilan baru, termasuk kemampuan menulis artikel populer sebagai media refleksi, komunikasi publik, dan penguatan profesionalisme. Sayangnya, masih banyak guru yang belum terbiasa menulis atau mengalami hambatan dalam mempublikasikan gagasannya ke ruang publik. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas menulis artikel populer bagi guru-guru Labschool UNESA melalui pelatihan partisipatif dan pendampingan intensif. Menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini melibatkan 20 guru dari dua lokasi Labschool UNESA yang mengikuti tiga tahapan utama: asesmen kebutuhan, pelatihan menulis dan pendampingan, serta evaluasi dan publikasi karya. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis, refleksi kritis, serta keberanian peserta dalam mengirimkan naskah ke media daring. Dua artikel peserta bahkan berhasil dimuat di media massa lokal. Lebih jauh, kegiatan ini berdampak pada pembentukan budaya literasi kolaboratif dan semangat pembelajaran sepanjang hayat. Evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan bahwa pendekatan berbasis praktik nyata, refleksi pengalaman, dan komunitas belajar efektif dalam mengatasi hambatan psikologis dan teknis peserta. Kesimpulannya, pelatihan menulis artikel populer berpotensi menjadi strategi pemberdayaan guru dan media literasi pendidikan yang demokratis. Program ini direkomendasikan untuk direplikasi di sekolah lain dengan dukungan kelembagaan berkelanjutan guna menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih reflektif, komunikatif, dan transformatif.
Copyrights © 2025