JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 2 (2025)

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Nabila, Aina (Unknown)
Aziz, Abdul (Unknown)
Suprapto, Rohmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis pengaruh media pembelajaran digital terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik melalui tinjauan literatur sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengadopsi pedoman PRISMA. Pencarian literatur dilakukan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mengakses Google Scholar dengan rentang tahun 2019-2025. Dari 100 artikel yang diidentifikasi, 25 artikel akhir dipilih untuk dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah Research and Development (R&D) sebanyak 12 penelitian, diikuti metode eksperimental 8 penelitian, kualitatif 4 penelitian, dan PTK 1 penelitian; (2) media pembelajaran digital mempunyai pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis, ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dan respon positif peserta didik; (3) keunggulan media pembelajaran digital meliputi visualisasi konsep abstrak, pembelajaran interaktif, dan peningkatan keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini memberikan landasan empiris untuk pengembangan dan implementasi media pembelajaran digital yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...